LAPORAN PENELITIAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK DI UNIPDU JOMBANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE PIECES
Di Susun Untuk Memenuhi Ujian Tengah Semester
“Pengembangan Implementasi Sistem Informasi”

DOSEN PENGAMPU :
Endang Kurniawan,S.Kom., M.M, M.Kom., CEH., CHFI., CIPM.
DISUSUN OLEH :
KELOMPOK 2
1.      Nur Kholisah                                            (4117029)
2.      Diana Ayu Mufatikha                               (4117033)
3.      Zulia Dwi Kartikasari                               (4117039)
4.      Hilsya Reda Agus Santoso                      (4117044)
5.      Anton Prasetya                                          (4117066)
6.      Akhmad Shofyan Ibrahim Z. (Ketua)       (4117087)


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS PESANTREN TINGGI DARUL ULUM
JOMBANG
2019

 

                                                                 ABSTRAK        
Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) bertempat di Jombang ini menggunakan sistem akademik Siakad (Sistem Informasi Akademik) yang dapat menyatukan semua informasi dari berbagai macam bagian menjadi satu informasi secara logical sehingga bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan secara mudah. Metode ini digunakan untuk mengevaluasi bermacam macam prosedur operasional dalam sebuah organisasi, perusahaan, institusi terkait, maupun lembaga pemerintahaan. Hasil analisanya biasanya berupa pernyataan-pernyataan yang menilai kelemahan dan kekurangan atau baik dan buruknya. Dengan menggunakan Metode PIECES diharapkan dapat membantu pemanfaatan website sistem informasi akademik (Siakad) pada Unipdu.
Kata Kunci : Siakad, analisa, website, metode PIECES, http://www.siakad.unipdu.ac.id/
DAFTAR ISI
ABSTRAK........................................................................................................................ 1
DAFTAR ISI..................................................................................................................... 2
BAB I PENDAHULUAN................................................................................................. 3
1.1  Latar Belakang...................................................................................................... 3
1.2  Rumusan Masalah................................................................................................. 4
1.3  Tujuan Penelitian.................................................................................................. 4
1.4  Manfaat Penelitian................................................................................................ 4
 BAB II LANDASAN TEORI.......................................................................................... 5
2.1  Analisis.................................................................................................................. 5
2.2  Siakad.................................................................................................................... 6
2.3  Siakad Unipdu....................................................................................................... 6
 BAB III METODE PENELITIAN................................................................................... 7
3.1  Metode Penelitian.................................................................................................. 7
BAB IV HASIL PENILITIAN......................................................................................... 9
4.1  Hasil Wawancara................................................................................................... 9
BAB V PENUTUP.......................................................................................................... 11
5.1  Kesimpulan.......................................................................................................... 11
5.2  Saran.................................................................................................................... 11
DAFTAR PUSTAKA..................................................................................................... 12



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Kehadiran sistem informasi telah memberikan begitu banyak pengaruh terhadap sebuah organisasi, bukan hanya organisasi namun pengaruh tersebut meluas hingga proses bisnis dan transaksi organisasi. Namun apakah semua sistem informasi yang diterapkan pada organisasi dapat dikategorikan berhasil? Lalu bagaimana organisasi dapat mengetahui keberhasilan sistem informasi yang diterapkan dan bagaimana membuat sebuah sistem informasi menjadi sukses.
Saat ini komputer juga dapat digunakan sebagai pengolahan data dalam dunia pendidikan, kesehatan, pemerintah, atau swasta maupun dalam bidang yang lainnya. Komputer juga dapat digunakan sebagai media pencarian informasi untuk mempermudah kerja dan kinerja orang yang menggunakannya. Informasi-informasi tersebut sangat mudah didapatkan melalui teknologi jaringan internet yang telah tersebar luas didunia.
Jaringan internet merupakan sebuah jaringan komputer dalam skala global mendunia. Jaringan komputer ini dapat berskala international yang dapat membuat masing-masing komputer saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Dengan internet pula manusia bisa mendapatkan informasi dan dapat saling berkomunikasi dimanapun mereka berada. Informasi yang terdapat di internet sangat mudah didapatkan melalui situs web.
Suatu universitas yang baik haruslah memiliki satu situs web guna memberikan informasi kepada masyarakat tentang universitas tersebut. Informasinya bisa berupa sejarah, visi dan misi, kompetensi, profil, serta informasi akademik yang ada pada universitas tersebut. Dengan ada nya informasi-informasi tersebut maka masyarakat dapat menilai kualitas dari universitas, dan juga bisa memberikan suatu kejelasan bagi siswa yang belajar melalui sistem informasi akademik yang ada




1.2  Rumusan Masalah
1.      Apakah yang dimaksud metode pieces ?
2.      Apakah yang dimaksud siakad ?
3.      Bagaimana analisis sistem siakad dengan metode pieces ?
1.3  Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian siakad ini :
1.      Untuk memperoleh gambaran secara umum mengenai penggunaan sistem informasi akademik pada UNIPDU
2.      Untuk mengetahui kendala atau masalah apa saja yang dihadapi dalam penggunaan sistem informasi akademik pada Universitas dan juga bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut.
1.4  Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari penelitian siakad ini :
1.      Dapat mengetahui bagaimana penggunaan sistem akademik pada Unipdu.
2.      Dapat mengetahui bagaimana pemanfaatan sistem akademik pada Unipdu.













BAB II
LANDASAN TEORI
2.1  Analisis
Analisis adalah aktivitas yang memuat sejumlah kegiatan seperti mengurai, membedakan, memilih, sesuatu untuk digolongkan dan dikelompokkan kembali menurut Dalam linguistik analisis adalah kajian yang dilaksanakan terhadap sebuah bahasa guna meneliti struktur bahasa tersebut secara mendalam.
Sedangkan pada kegiatan sebuah laboratorium, analisis juga dapat diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan di laboratorium untuk memeriksa kandungan suatu zat dalam cuplikan pada kriteria tertentu lalu dicari kaitannya dan ditaksir maknanya (Wiradi).
Selain pendapat diatas terdapat juga beberapa pengertian analisis dalam
Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi III (2001) sebagai berikut :
a)      penelitian suatu peristiwa atau kejadian (karangan, perbuatan, dan sebagainya) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya (sebab-akibat, duduk perkaranya, dan lain-lain);
b)     penguraian suatu pokok atas bebrbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri serta hubungan antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan;
c)      penyelidik kimia dengan menguraikan sesuatu untuk mengetahui zat bagiannya dan sebagainya;
d)     penjabaran sesudah dikaji sebaik-baiknya;
e)      pemecahan persoalan yang dimulai dengan dugaan akan kebenarannya.
Dalam Kamus Bahasa Indonesia yang dikarang oleh Suharso dan Ana Retnoningsih (2005), analisis adalah penyelidikkan terhadap suatu peristiwa (karangan, perbuatan dan sebagainya) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya (sebab-musabab, duduk perkara dan sebagainya).
Dalam Kamus Bahasa Indonesia Departemen Pendidikan Nasional (2005) menjelaskan bahwa analisis adalah penyelidikan terhadap suatu peristiwa untukmengetahui keadaan yang sebenarnya Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan analisis adalah sebuah kegiatan yang dilakukan seseorang untuk mengamati suatu objek dan mencari jalan keluardari sebuah permasalahan suatu penelitian.
2.2  Siakad
SIAKAD (Sistem Informasi Akademik) online adalah suatu Sistem Informasi Akademik yang dibangun untuk memberikan kemudahan kepada pengguna dalam kegiatan administrasi akademik kampus secara online.
Kegiatan administrasi akademik kampus seperti; proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), pembuatan jadwal kuliah, pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), pengisian nilai, perwalian, pengelolaan data dosen & mahasiswa yang dapat digunakan secara online. Sistem ini juga dapat berfungsi sebagai pendukung untuk analisis data dalam menentukan keputusan Kampus.
Ø  Tujuan Siakad
Tujuan dari adanya SIAKAD ini adalah penataan data dalam pengelolaan akademik serta mempercepat dan memudahkan penyampaian informasi.
SIAKAD dimaksudkan untuk pengelolaan dan bertujuan untuk memudahkan dan mempercepat pengelolaan informasi mulai dari registrasi mahasiswa baru, informasi-informasi penting, pengisian KRS, jadwal kuliah hingga diwisudanya mahasiswa dapat dikelola dengan sistem inforamasi akademik. Bukan hanya mahasiswa yang dapat memanfaatkan SIAKAD, dosen serta seluruh civitas akademika juga dapat menggunakannya.
2.3  Siakad Unipdu
Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Unipdu Jombang secara khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) yang menginginkan layanan pendidikan berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kinerja, kualitas pelayanan, daya saing dan kualitas sumber daya manusia yang dihasilkannya.
SIAKAD akan membantu dalam pengelolaan data mahasiswa, matakuliah, dosen serta administrasi fakultas/program studi yang sifatnya masih manual untuk dikerjakan dengan bantuan perangkat lunak secara efektif dan efisien.
Adapun beberapa fitur bagi mahasiswa untuk mengakses SIAKAD adalah dengan cara membuka alamat pada web browser.  Siakad untuk mahasiswa yang dikembangkan oleh Unipdu memiliki beberapa menu sebagai berikut : BAK (Biro Administrasi Keuangan), MAHASISWA, WIFI , HELP , SITA (Sistem Informasi Tugas Akhir)


BAB III
METODE PENELITIAN
3.1  Metode Penelitian
Disini kami menggunakan metode PIECES, metode PIECES adalah metode analisis sebagai dasar untuk memperoleh pokok-pokok permasalahan yang lebih spesifik. Dalam menganalisis sebuah sistem, biasanya akan dilakukan terhadap beberapa aspek antara lain adalah kinerja, informasi, ekonomi, keamanan aplikasi, efisiensi dan pelayanan pelanggan. Analisis ini disebut dengan PIECES Analysis (Performance,Information, Economy, Control, Eficiency and Service).
Analisis PIECES ini sangat penting untuk dilakukan sebelum mengembangkan sebuah sistem informasi karena dalam analisis ini biasanya akan ditemukan beberapa masalah utama maupun masalah yang bersifat gejala dari masalah utama. Metode ini menggunakan enam variable evaluasi yaitu :
1.      Performance (kinerja)
Kinerja merupakan variable pertama dalam metode analisis PIECES. Dimana memiliki peran penting untuk menilai apakah proses atau prosedur yang ada masih mungkin ditingkatkan kinerjanya, dan melihat sejauh mana dan seberapa handalkah suatu sistem informasi dalam berproses untuk menghasilkan tujuan yang diinginkan. Dalam hal ini kinerja diukur dari:
a)      throughput, yaitu jumlah pekerjaan/output/deliverables yang dapat dilakukan/ dihasilkan pada saat tertentu.
b)     response time, yaitu waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan serangkaian kegiatan untuk menghasilkan output/deliverables tertentu.
2.      Information (informasi)
Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat diperbaiki sehingga kualitas informasi yang dihasilkan menjadi semakin baik. Informasi yang disajikan haruslah benar–benar mempunyai nilai yang berguna. Hal ini dapat diukur dengan : 
a)      Keluaran (outputs): Suatu sistem dalam memproduksi keluaran.
b)     Masukan (inputs): Dalam memasukkan suatu data sehingga kemudian diolah untuk menjadi informasi yang berguna.
3.      Economic (ekonomi)Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat ditingkatkan manfaatnya (nilai gunanya) atau diturunkan biaya   penyelenggaraannya.
4.      Control (pengendalian)
Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat ditingkatkan sehingga kualitas pengendalian menjadi semakin baik, dan kemampuannya untuk mendeteksi kesalahan/ kecurangan menjadi semakin baik pula.
5.      Efficiency (efisiensi)
Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat diperbaiki, sehingga tercapai peningkatan efisiensi operasi, dan harus lebih unggul dari pada sistem manual.
6.      Service (layanan)
Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat diperbaiki kemampuannya untuk mencapai peningkatan kualitas layanan. Buatlah kualitas layanan yang sangat user friendly untuk end – user (pengguna) sehingga pengguna mendapatkan kualitas layanan yang baik.


BAB IV
HASIL PENELITIAN
4.1  Hasil wawancara
Variable
Pertanyaan
Keterangan
Performance (Kinerja)
1. Throughput
Apa saja Output Yang di hasilkan Siakad Unipdu ?
Siakad menghasilkan beberapa output antara lain untuk pihak BAK,Fakultas , dosen, mahasiswa salah satu contoh output untuk mahasiswa adalah khs, jadwal kuliah
2. Respone Time
Bagaimana kinerja Siakad Unipdu dalam melakukan proses?
Siakad cukup responsive untuk digunakan, akan tetapi ada beberapa bagian yang perlu dioptimalkan lagi
3. Audabilitas
Bagaimana tingkat kesesuain fungsi kerja Siakad Unipdu dengan SOP / prosedur yang ditetapkan?
Siakad sudah sesuai dengan SOP yang ada pada Universitas saat ini.
4. Kelaziman komunikasi
Apakah interface (tampilan) Siakad Unipdu mudah dipahami?
Siakad mempunyai tampilan yang mudah dipahami akan tetapi untuk sekarang alangkah lebih baik jika menddapat update pada tampilanya
5. Toleransi Kesalahan
Apakah saat Siakad Unipdu terganggu dapat mengakibatkan terganggunya proses bisnis lain?
Untuk saat ini jika siakad terganggu pada saat awal semester dan saat-saat ujian maka  akan sangat menggangu proses bisnis yang ada apalagi untuk para mahasiswa
Information (Informasi)
6. Akurasi
Bagaimana tingkat akurasi yang dihasilkan dari Siakad Unipdu?
Akurasi sudah sesuai untuk Layout yang dibutuhkan
7. Relevansi Informasi
Apakah output yang dihasilkan Siakad Unipdu sesuai dengan apa yang di butuhkan?
Output yang dihasilkan berupa laporan, absensi, jadwal kuliah, dll sudah sesuai kebutuhan yang ada sekarang
8. Fleksibilitas Data
Bagaimana tingkat kemudahaan dalam proses pengaksesan atau penggunaan data Siakad Unipdu?
 Untuk mengkases Siakad Unipdu sangat mudah tingal terhubung ke internet dan membuka browser dan saukan alamat siakad.unipdu.ac.id
Economic (Ekonomi)
9.   Reusabilitas
Bagaimana kesesuaian tampilan informasi Siakad Unipdu dengan kebutuhan?
Untuk layout laporan dan lain-lain sudah sesuai dengan kebutuhan yang ada. 
10.   Sumber Daya
Apa saja Sumber daya yang dibutuhkan dalam pengembangan Siakad Unipdu?
Untuk mengembangkan Siakad dibutuhkan sumber daya antara lain sever, Programer yang handal agar siakad bias menjadi lebih baik lagi.
Control (Pengendalian)
11. Reusabilitas 
Apakah hak akses yang ada Siakad Unipdu sesuia dengan fungsinya?
 Hak akses yang diberikan sangat sesuai, karena untuk dosen, mahasiswa, BAK, Fakultas punya hak akses sesuai kebutuhan.
12.   Keamanan 
Bagaimana kemanan data dari Siakad Unipdu?
 Untuk selama ini keamanan data yang ada bias dibilang cukup, akan tetapi sempat ada kasus oknum mhs menghack nilai pada siakad
Eficiency (Efisien)
13.   Usabilitas 
Bagaimana tingkat kesulitan dalam mempelajari dan mengoperasikan Siakad Unipdu?
 Untuk mengoperasikan Siakad Unipdu cukup mudah untuk semua kalangan, hanya untuk adminnya butuh sedikit pengalaman untuk memahami Tampilan dan fiturnya
14.   Maintenance 
Bagaimana tata cara atau proses pemeliharan Siakad Unipdu?
 Siakad unipdu dibawah naungan Puskom Unipdu jadi mereka yang memelihara Siakad
Service (Layanan)
15.   Akurasi
Bagimana ketelitian sistem informasi dalam menjalankan prosses Siakad Unipdu?
 Sistem berjalan dengan lancer tanpa ada kesalahan saat menjalakan fungsinya
16.   Reliabilitas 
apakah Siakad Unipdu dapat dipercaya dan diandalkan dalam menjalankan tugas yang diminta?
 Siakad dapat dipercaya dan diandalkan untuk mengelola data mahasiswa akan tetapi untuk saat ini siakad biasanya hanya digunakan saat awal semester ataupun saat-saat ujian, tidak sepenuhnya digunakan setiap hari.
17. Kesederhanaan
Apakah layanan Siakad Unipdu mudah dipahami oleh pengguna?
 Layanan Siakad unipdu mudah dipahami oleh tiap-tiap pengguna

BAB V
PENUTUP

5.1  Kesimpulan
Setelah penulis mempelajari tentang analisis SIAKAD UNIPDU dengan metode PIECES maka disimpulkan :
Ø  SIAKAD UNIPDU telah memiliki kinerja yang baik karena dapat memudahkan mahasiswa, dosen dan juga karyawan dalam menyelesaikan pekerjaannya sehingga banyak memberi manfaat kemudahan.
Ø  SIAKAD UNIPDU telah menampilkan informasi yang baik, relevan, namun kurang uptudate akan perkembangan teknologi saat ini yang dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, sehingga mengurangi resiko human error.
Ø  Dengan adanya SIAKAD UNIPDU meminimalkan biaya yang dikeluarkan oleh pihak universitas dan mahasiswa dari pada menggunakan sistem manual
5.2  Saran
Dari kesimpulan diatas maka penulis mengharapkan peningkatan dan perawatan (maintenance) pada situs web sistem informasi akademik pada Universitas Pseantren Tinggi Darul Ulum Jombang guna mempertahankan dan meningkatkan sistem yang lebih baik lagi.


DAFTAR PUSTAKA





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Estimasi Pendakian Gunung Lawu Via Cetho

Laga Timnas Lawan Hamburg SV

Hasil Pertandingan Persib Vs Persita ISL